U-Boat : Kapal Selam Andalan Jerman

Ternyata Sangat Mematikan di Lautan.


U-boat, kapal selam andalan Jerman pada berbagai peperangan, khususnya Perang Dunia 1 dan 2. Kapal selam ikonik ini lah yang membuat Jerman mampu menyaingi Inggris di lautan. Kehadirannya pada kedua Perang Dunia telah menenggelamkan ratusan bahkan ribuan kapal musuh. Hal itulah yang membuat U-Boat begitu terkenal dalam sejarah.

Apa itu U-Boat? Apakah yang membuat U-Boat begitu unggul dibandingkan dengan kapal kapal lainnya? Kenapa Jerman menggunakannya di Perang Dunia 1 & 2?

Berikut ini fakta sejarah tentang u-boat :

1. Apa itu u-boat ?

U-Boot adalah singkatan dari unterseeboot Tetapi dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama U-Boat. Istilah tersebut sebenarnya merujuk kepada semua kapal selam militer. Namun istilah U-Boat lebih familiar untuk menyebut kapal selam milik Jerman. 

U-Boat dipersenjatai dengan Torpedo untuk menenggelamkan kapal musuh. Dilengkapi juga dengan senapan yang berada di dek kapal, serta senjata anti serangan udara.

U-Boat merupakan kapal selam militer milik Jerman yang sangat istimewa. Karena kapal selam ini mampu menenggelamkan armada kapal musuh tanpa terlihat dan nyaris tanpa suara. Salah satu contohnya adalah U-Boat yang dipimpin Otto Kretchmer yang mampu menenggelamkan 47 kapal musuh dalam kurun waktu 2 tahun (1939-1941).

U-Boat memiliki struktur kurang lebih seperti pada gambar diatas.

2. Sejarah u-boat

1864, ketika Perang Saudara Amerika, H.L. Hunley (kapal selam milik Konfederasi) berhasil menenggelamkan USS Housatonic di Charleston Harbor, Carolina Selatan. Menjadikannya sebagai kapal selam pertama yang berhasil menenggelamkan kapal musuh dalam medan pertempuran.  

Semenjak itu kapal selam terus berkembang. Khususnya di Jerman, mereka membuat prototype kapal selam berbobot 200 ton yang bernama Forelle pada 1902. Proyek kapal selam tersebut terus berkembang, hingga pada 14 Desember 1906 Jerman sudah memiliki kapal selam angkatan laut yang bernama Seiner Majestät Unterseebot 1. Semenjak saat itu Jerman mulai menggunakan kapal selam untuk kepentingan militer. 

Peran U-Boat pada perang ini memang tidak seterkenal pada Perang Dunia Kedua. Hal itu karena tipisnya persediaan oksigen, persediaan baterai yang minim, apalagi ditambah dengan tidak adanya radio, menyebabkan para awak harus beroperasi sendiri.

Meski demikian U-Boat berhasil meraih berbagai prestasi tersendiri. Salah satunya adalah keberhasilan  menenggelamkan kapal - kapal dagang Inggris.  U-Boat bahkan menjadi ancaman terhadap kapal perang Inggris yang memblokade Jerman.

Penyerangan yang paling terkenal adalah yang dilakukan kapal selam U-20 terhadap RMS Lusitania pada 1915. Serangan ini menewaskan 1198 penumpang. Selama perang, 5000 kapal sekutu berhasil ditenggelamkan oleh U-Boat. Sedangkan hanya 178 U-Boat yang berhasil dihancurkan oleh pasukan sekutu.

3. Peran U-Boat di Perang Dunia 2

Disinilah peran U-Boat yang sesungguhnya. U-Boat telah diupgrade agar bisa menempuh jarak yang lebih jauh, lebih cepat, dan peningkatan lainnya.

Pada awal perang, Nazi Jerman hanya memiliki 53 unit U-Boat. Dan awalnya Hitler tidak begitu yakin akan kesuksesan U-Boat miliknya. Namun Hitler menjadi yakin ketika armada U-Boat berhasil menenggelamkan banyak kapal sekutu dalam perang. Selama perang Hitler memerintahkan untuk memperbanyak jumlah U-Boat hingga mencapai total sekitar 1100 unit.   

Di laut Atlantik saja U-Boat sukses menenggelamkan 458 kapal musuh. Hal ini tentu saja membuat Inggris nyaris di ambang kekalahan.

4. Kelebihan dan Kelemahan U-Boat

U-Boat merupakan mesin perang yang jauh lebih murah ketimbang kapal - kapal sekelas battleship. Hanya membutuhkan beberapa orang awak kapal. Dan mampu menyelam kedalam lautan, sehingga susah untuk dilihat musuh. Apalagi U-Boat beroperasi dalam diam, membuat kapal selam andalan Jerman ini semakin mematikan.

Namun U-Boat tentu saja tetap memiliki sejumlah kekurangan. Seperti rendahnya kapasitas baterai yang membuat U-Boat tidak bisa melaju dengan kencang. Tipisnya pasokan oksigen. Dan walaupun tidak terlihat oleh kapal musuh, U-Boat tetap terlihat oleh pesawat anti kapal selam milik pasukan sekutu. Apalagi U-Boat mudah terdeteksi oleh radar sekutu, menjadikan U-Boat sangat rentan untuk diserang. Pada Akhir peperangan hampir semua U-Boat tenggelam di dasar lautan.

5. Referensi artikel

https://www.britannica.com/topic/H-L-Hunley

https://en.wikipedia.org/wiki/U-boat

https://id.wikipedia.org/wiki/U-Boot

https://www.wired.com/2014/09/wwis-u-boats-launched-age-unrestricted-warfare/

Komentar